UU No 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara

Bahwa dalam rangka pelaksanaan cita-cita bangsa dan mewujudkan   tujuan   negara   sebagaimana tercantum  dalam   pembukaan   Undang-Undang Dasar  Negara  Republik  Indonesia  Tahun  1945, perlu dibangun aparatur sipil negara yang memiliki integritas,                    profesional, netral   dan   bebas   dari intervensi                        politik,  bersih  dari  praktik  korupsi, kolusi,  dan      nepotisme,      serta      mampu menyelenggarakan      pelayanan      publik      bagi masyarakat        Pegawai pemerintah akan berganti nama menjadi aparatur sipil negara (ASN) yang juga akan dikukuhkan sebagai profesi.

Aparatur sipil negara akan terdiri dari dua komponen. Yaitu pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Akan ada beberapa syarat untuk menjadi ASN. Antara lain, harus memiliki standar kompetensi, sudah menempuh pendidikan profesi, dan memiliki sertifikat profesi. Selain itu, ASN akan memiliki kode etik profesi dan organisasi profesi independen.

Jika dulu PNS tidak bisa diberhentikan walaupun kinerjanya buruk, hal tersebut tidak akan terjadi lagi jika RUU ASN sudah diresmikan. PNS dapat diberi sanksi jika kinerjanya buruk. Begitu juga dengan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. “Mereka akan dinilai sesuai dengan capaian kerjanya Negara (RUU ASN) bukan hanya menyangkut promosi terbuka. Pegawai pemerintah akan berganti nama menjadi aparatur sipil negara (ASN) yang juga akan dikukuhkan sebagai profesi.

Aparatur sipil negara akan terdiri dari dua komponen. Yaitupegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Akan ada beberapa syarat untuk menjadi ASN. Antara lain, harus memiliki standar kompetensi, sudah menempuh pendidikan profesi, dan memiliki sertifikat profesi. Selain itu, ASN akan memiliki kode etik profesi dan organisasi profesi independen.

Jika dulu PNS tidak bisa diberhentikan walaupun kinerjanya buruk, hal tersebut tidak akan terjadi lagi jika RUU ASN sudah diresmikan. PNS dapat diberi sanksi jika kinerjanya buruk. Begitu juga dengan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. “Mereka akan dinilai sesuai dengan capaian kerjanya

Berikut Undan Undang No 5 tahun 2014  yang bisa didownload: :

1. UU no 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara ( UAS )

2. Surat Kepala BKN K 26.30V.7-399 Tentang Batas Usia Pensiun

3. PP19 tahun 2013 tentang Pemberhentian PNS

4. PP 21 tahun 2014 tentang BUP PNS Pejabat Fungsional

5.UU no 5 tahun 2014 tentang AparaturSipilNegara

6. UU5-2014NaskahAkademikRUU-ASN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s