Evaluasi Diri Sekolah Tahun 2015

Evaluasi diri sekolah adalah proses yang mengikutsertakan semua pemangku kepentingan  untuk membantu sekolah dalam menilai mutu penyelenggaraan pendidikan berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Tujuan utama EDS adalah:

a) Sekolah mengevalusi mutu pendidikan yang mereka berikan berdasarkan indikator kunci untuk dapat mengetahui kelebihan mereka dan mengidentifikasi bidang yang membutuhkan perbaikan

b) Informasi tersebut kemudian dipergunakan untuk perencanaan dan memprioritaskan bidang untuk perbaikan dan pengembangan sekolah

c) Proses ini menyediakan informasi mengenai tingkatan standar dan mutu di sekolah yang dapat diberikan melalui sistem data yang akan mengarahkan data tersebut untuk perencanaan pada tingkat kabupaten, propinsi dan nasional. d) Proses peningkatan mutu berkelanjutan sangat diperlukan bagi akreditasi sekolah

MANFAAT EVALUASI DIRI SEKOLAH EDS memberikan sumbangan penting bagi sekolah sendiri dan bagi pemerintah Kab/Kota yang memiliki kewenangan mengelola pendidikan .

(1).  Bagi Sekolah:

Sekolah mempunyai alat atau instrument internal yang dapat dipakai untuk mengevaluasi kinerjanya.

a. Sekolah dapat mengetahui sampai dimanakah tingkat pencapaian mereka dilihat dari          SPM dan SNP.

b. Sekolah dapat mengatahui kekuatan dan kelemahannya secara pasti.

c. Sekolah dapat mengetahui dengan pasti dan dapat memprioritaskan aspek mana yang       memerlukan peningkatan.

d. Sekolah dapat memperoleh dasar nyata untuk membuat RPS/RKS dan RAPBS/RAKS       berdasarkan kebutuhan nyata sekolah, bukan atas dasar asumsi atau perkiraan saja

e. Sekolah dapat mengetahui perkembangan upaya peningkatan mutu pelayanan mereka        sebab EDS dilakukan secara berkala.

(2)  Bagi Sistem Pendidikan di Kab/Kota:

 a.  Diperolehnya informasi kongkrit keadaan umum sekolah dalam pencapaian SPM dan         8  SNP.

b.  Terdapatnya gambaran umum secara pasti tentang kinerja sekolah-sekolah ditingkat           kab / kota

c. Adanya dasar untuk kegiatan perencanaan ditingkat kab/kota serta dasar pemberian          bantuan ke sekolah-sekolah di daerah itu.

d. Hasil EDS ini dijadikan dasar untuk laporan ke jajaran ditingkat kab/kota melalui                 kegiatan ”Monitoring Sekolah oleh Pemerintah Daerah” – MSPD- yang dilakukan oleh          para Pengawas Sekolah.

EDS sebaiknya dilaksanakan oleh semua stakeholder atau pemangku pendidikan di sekolah sebab EDS bukan hanya tugas dan tanggung jawab kepala sekolah saja dan agar ada kebersamaan dan rasa memiliki bersama. Keterlibatan mereka juga diharapkan akan dapat memberikan gambaran akan

kebutuhan nyata sekolah secara menyeluruh. Untuk menangani EDS ini sebaiknya sekolah membentuk satu tim EDS khusus yang bisa disebut Tim Pengembang Sekolah (TPS) dengan beranggotakan unsur-unsur dibawah ini:

  1. Kepala sekolah/madrasah sebagai penanggung jawab.
  2. Wakil dari unsur tenaga pendidik.
  3. Wakil dari unsur Komite Sekolah.
  4. Wakil dari unsur orang tua peserta didik.
  5. Pengawas sebagai pihak yang memberi bimbingan.

Karena kedudukannya, Pengawas bisa dianggap sebagai anggota TPS atau bukan anggota TPS. Yang penting adalah dia terlibat dalam EDS di sekolah yang menjadi binaannya dalam memberikan bimbingan dan masukannya dalam pelaksanaan EDS. Pelaksanaan EDS dilapangan juga melibatkan para tenaga pendidik lainnya di sekolah, khusunya ketika membicarakan standar-standar yang berhubungan dengan pelaksanaan proses belajar mengajar. Dengan demikian EDS dilakukan oleh semua pemangku kepentingan di sekolah dan bukan hanya tanggung jawab kepala sekolah saja.

Berikut kumpulan lengkap beberapa hal yang berhubungan dengan EDS yang bisa didownload: :

1. Evaluasi Diri Sekolah Word

2. Evaluasi Diri Sekolah Pdf

3. Power Point EDS

4. EDS 2015 – SD

5. EDS 2015 – SMP

6. EDS 2015 – SMA

7. EDS 2015 – SMK

8. LK B 3.1 (Konsep dan Prinsip EDS)

9. LK B 3.2 (Instrumen EDS)

10. LK B 3.3,3.4,3.5 (Perencanaan Program dan Kegiatan Berdasarkan Rekomendasi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s