FRIENDSTER

FRIENDSTER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI SEKOLAH DENGAN SISWA DAN ALUMNI
DI SMA NEGERI 1 KARANGNONGKO KLATEN

Disusun Oleh :

Drs. LUGTYASTYONO BUDI NUGROHO.M.Pd.

KEPALA SMA N 1 KARANGNONGKO

BAB I
IDENTIFIKASI MASALAH

A. Latar Belakang
Negara Jepang, dengan caranya sendiri mampu mengantarkan masyarakatnya menjadi masyarakat dengan peradaban modern. Rahasia pencapaian kemajuan mereka adalah Keizen. Kaizen adalah konsep yang diperkenalkan oleh Masaaki Imai, seorang pakar produktivitas perusahaan Jepang. Imai yang sejak tahun 1950-an mempelajari produktivitas industri Amerika kemudian menulis buku Kaizen, The Key to Japan s Competitive Success (1986) yang berisi rahasia keberhasilan perusahaan dan industri Jepang.
Strategi Kaizen merupakan konsep tunggal manajemen Jepang yang menjadi kunci sukses dalam persaingan. Kaizen berarti penyempurnaan secara kontinyu dan melakukan pengembangan secara total dengan melibatkan semua unsur dan potensi yang ada, termasuk didalamnya pendidikan. Kaizen berorientasi pada proses dan usaha yang optimal, berbeda dengan manajemen Barat yang lebih berorientasi pada hasil.
Esensi konsep Keizen dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam bentuk upaya untuk selalu mengembangkan dan menyempurnakan kemampuan, prestasi dan produktivitas spiritual, intelektual, fisik maupun material secara total.
Pendidikan sebagai pilar dasar dari pembentukan sumber daya manusia maka sangatlah hakiki bila pendidikan itu ditempatkan dalam suatu posisi paling diperlukan oleh setiap manusia indonesia, karena dalam Garis-garis Besar Haluan Negara, Pendidikan pada dasarnya merupakan upaya pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas ciri – ciri manusia berkualitas yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas dan kreatif.

Bahkan pendidikan nasional yang tercantum pada UU Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 BAB II Pasal 3 yang berbunyi :
“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu,cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

Pendidikan seharusnya menempati posisi yang paling tinggi, agar supaya hasil pendidikan dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. Sekolah merupakan tempat pendidikan, tempat guru mengajar dan tempat murid belajar, sehingga terjadilah proses belajar mengajar yang bertujuan untuk membangun manusia Indonesia seutuhnya dan menyiapkan peserta didik yang memiliki kemampuan intelektual, spiritual, sosial serta terampil. Dengan memiliki kompetensi semacam ini, siswa diharap mampu menghadapi dan mengatasi segala macam akibat dari adanya perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam lingkungan terdekat maupun terjauh.
Di tanah air kita kondisi pendidikan lebih memprihatinkan lagi karena beberapa infrastruktur pendidikan masih banyak yang belum terpenuhi termasuk SDM para pengelola dan guru. Karena itu dari beberapa masalah yang berkaitan dengan pendidikan ini yang paling menonjol dan urgent untuk dibicarakan secara serius dan terbuka adalah peningkatan mutu dalam dunia pendidikan , yang tentunya sangat berkaitan dengan situasi dan kondisi yang ada didalam lembaga pendidikan baik itu pendidikan formal maupun pendidikan informal
Dalam pendidikan formal ( sekolah ) dengan kemajuan teknologi dan informasi maka komputer dan Jaringan komputer sangat diperlukan dalam sekolah, jaringan komputer adalah beberapa komputer terhubung satu sama lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi, dunia pendidikan pun merasa sangat perlu mempelajari dan mengembangkan jaringan komputer misalnya dalam satu sekolah . Jaringan komputer ini berfungsi agar pengguna komputer bisa bertukar informasi dan data dengan pengguna komputer lainnya yang berada di ruangan yang lain contohnya : ruang kepala sekolah, ruang wakil kepala sekolah, ruangan BP , ruang lab, ruang TU, dan ruangan yang lain secara online. Untuk itulah komunikasi dan menukar informasi melalui jaringan komputer.
Agar para pengguna komputer dengan merek dan tipe berlainan dapat saling berhubungan, maka para ahli membuat sebuah protokol (semacam bahasa) yang sama untuk dipakai di internet. Namanya TCP (Transmission Control Protocol, bahasa Indonesianya Protokol Pengendali Transmisi) dan IP (Internet Protocol).
Internet saat ini oleh Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, musik ditampilkan dalam internet. Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangat bervariasi. Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan tertentu dan dengan komponen tertentu saja. Tetapi saat ini orang yang berada dirumah pun bisa terhubung ke internet dengan menggunakan modem dan jaringan telepon. Selain itu, Internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, lembaga militer di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada masyarakat
Dari tulisan blog Ventura Elisawati di vlisa.com, saya mendapatkan beberapa data yang sangat menarik, sulit didapat, walau saya tidak tahu beliau mendapatkan angkanya dari mana. Tapi sebagai salah satu blogger Indonesia yang sangat aktif dan “terpercaya”, saya yakin angka-angka berikut ini cukup “shahih” untuk kita jadikan pegangan. Angka-angka ini adalah angka yang semestinya dapat terus diikuti dan diamati, dievaluasi perkembangannya dan akhirnya bisa kita tarik hikmah dan manfaatnya dalam pengembangan masyarakat berbasis Internet di Indonesia.
Jumlah blogger Indonesia yang memiliki akun di Blogspot sekitar 247.000, di WordPress 125.000. Di Asia, friendster.com menjadi situs jaringan sosial terbesar yang dikunjungi rata-rata 32 juta pengguna internet setiap bulannya. Di Indonesia, Friendster memiliki lebih dari 8 juta pengguna terdaftar dan 4 juta pengunjung unik setiap bulan di friendster.com pada Februari 2008. Sementara 40 persen dari 25 juta pengguna internet yang ada di Indonesia memiliki akun Friendster.
Friendster merupakan aplikasi “ sosial net working ” awalnya dipersepsikan sebagai tempat mencari jodoh namun kemudian berkembang luas, menghubungkan orang melaluai jaringan internet untuk “ saling berteman. Friendster memberikan fasilitas kepada penggunanya untuk mrmbuat jaringan terdiri dari teman sendiri, teman dari teman, sekolah dengan siswa, sekolah dengan alumni, siswa dengan siswa lainnya dalam satu sekolah atau sekolah yang lain , siswa dapat berbagi cerita,foto, link dengan orang di dalam jaringan pertemanan tersebut menggunakan jalur komunikasi beragam ( chat, mesaging, email,video, voice chat, file sharing, blogging, discussion group ), fasilitas ini gratis tersedia di internet ( yang lain seperti Facebook.com. dan MySpace.com) pengguna total mencapai 250 juta ( tahun 2006 ) http://www.adriyanto.or.id

B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian diatas penulis dapat mengidentifikasi beberapa masalah sebagai berikut :
1. Bahwa pendidikan di negara kita Indonesia sangat tertinggal jauh dari negara asia yang lainnya seperti jepang atau negara lainnya singapura, malaysia.
2. Pendidikan itu ditempatkan dalam suatu posisi paling diperlukan oleh setiap manusia Indonesia, agar tak ketinggalan dengan negara lain.
3. Kesenjangan komunikasi antar siswa dalam pendidikan formal ( sekolah ) kurang.
4. Kesenjangan komunikasi antara siswa dan guru
5. Kesenjangan komunikasi antara siswa dan sekolah
6. Kesenjangan komunikasi antara alumni dan sekolah
7. Kesenjangan komunikasi antara sekolah dengan sekolah lain.
8. Kesenjangan komunikasi sekolah dengan perguruan tinggi
9. Kesenjangan komunikasi sekolah dengan masyarakat

BAB II

STRATEGI PEMECAHAN MASALAH

Berdasarkan uraian dalam latar belakang dan identifikasi masalah bahwa pendidikan di negara kita Indonesia sangat tertinggal jauh dari negara Asia yang lainnya seperti Jepang atau negara lainnya Singapura, Malaysia. dan pendidikan harus ditempatkan dalam suatu posisi paling diperlukan oleh setiap manusia Indonesia, agar tak ketinggalan dengan negara lain, agar supaya hasil pendidikan dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat

Dalam pendidikan formal ( sekolah ) dengan kemajuan teknologi dan informasi maka komputer dan jaringan komputer dan internet sangat diperlukan dalam sekolah Friendster merupakan aplikasi “ soscial net working” memberikan fasilitas kepada penggunanya untuk mrmbuat jaringan terdiri dari teman sendiri, teman dari teman, sekolah dengan siswa, sekolah dengan alumni, siswa dengan siswa lainnya dalam satu sekolah atau sekolah yang lain , siswa dapat berbagi cerita,foto, link dengan orang di dalam jaringan pertemanan tersebut

Kita semua tahu, ini adalah era informasi. Informasi terus bergulir seiring dengan detik waktu yang berjalan. Kita dapat mengetahui berbagai informasi dari belahan bumi lain dengan cepat. Informasi terus mengalir tanpa mengenal batas, ruang dan waktu. Ilmu pun akan berkembang dengan pesat, dan tersebar keseluruh penjuru dunia. Internet merupakan sarana yang sangat vital bagi negara-negara maju.

Internet merupakan media yang sangat penting. Sumber bagi segala informasi yang sangat bermanfaat. Internet dapat meningkatkan pendapatan masyarakat yaitu sebagai sarana promosi yang tepat untuk bisnis mereka, ia menjadi referensi dan patokan seseorang untuk mengambil keputusan, sehingga ia mengambil keputusan yang tepat.

Jelas sekali disini internet berperan sebagai media untuk kemajuan sebuah peradaban. Terkadang orang yang belum mengenal internet dic

sebagai orang yang tertinggal (ketinggalan zaman). Di era globalisasi ini seseorang dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan zaman, jika seseorang tersebut tidak bisa mengikutinya maka ia akan tersisih dari kehidupan ini. Internet tidak hanya berperan sebagai media informasi, namun juga sebagai penghubung agar jalinan tali silaturahmi tetap terjaga dengan baik antara kita dan teman kita, yang mungkin sekarang ia berada benua lain.
Karena masalah utamanya adalah komunikasi, maka komunikasi harus dilaksanakan secara intensif sepanjang rentang daur kehidupannya, saat masih berada di dalam rahim ibu sampai ajal tiba, sesungguhnya manusia selalu melakukan komunikasi. Istilah komunikasi berasal dari kata Latin communicare atau communis yang berarti sama atau menjadikan milik bersama.
Karena itu, komunikasi tidak bisa dipisahkan dari setiap individu yang hidup. Komunikasi juga merupakan hal yang sangat penting bagi individu dalam melakukan interaksi. Seringkali individu merasakan komunikasi menjadi tidak efektif karena kesalahan dalam menafsirkan pesan yang diterimanya. Hal ini disebabkan karena setiap manusia mempunyai keterbatasan dalam menelaah komunikasi yang disampaika.
Jalannya komunikasi dari pengirim sampai ke penerima dimulai dari tahapan yang disebut “thought” (pemikiran). Pada tahap ini, pesan yang berupa materi pelajaran, rencana kerja, ide, dan sebagainya tersimpan dalam pikiran pengirim.
Kemudian pesan tersebut dikirimkan melalui kata-kata atau simbol lain melalui media yang dipilih. Seorang guru menyampaikan materi pelajaran di depan kelas dalam bentuk kata-kata, gerakan anggota badan, seperti tangan, kepala, mata dan bagian muka lainnya, atau bahkan diam tanpa bergerak sama sekali. Tujuan penyampaian pesan adalah untuk memahami, mengajak, membujuk, mengubah sikap dan perilaku, atau menunjukkan arah tertentu. Tahap selanjutnya adalah “decoding” (pengartian pesan), di mana penerima mengartikan kata-kata atau simbol itu menjadi suatu konsep atau informasi yang dapat ia mengerti. Seberapa jauh pengertiannya akan pesan yang diterima dapat dapat diketahui dari respon (balikan) yang ia tunjukkan, Proses ini disebut “encoding” (pengekspresian pesan).

Secara skematis, proses komunikasi dapat digambarkan sebagai berikut:

(Sumber: http://www.kmpk.ugm.ac.id/data/SPMKK/3d-KOMUNIKASI(revJan’03).doc)
Balikan (feed back) adalah isyarat atau tanggapan yang berisi kesan dari penerima pesan dalam bentuk verbal maupun nonverbal. Tanpa balikan seorang pengirim pesan tidak akan tahu dampak pesannya terhadap penerima pesan. Hal ini penting bagi pengirim pesan atau guru untuk mengetahui apakah pesan sudah diterima dengan pemahaman yang benar dan tepat. Balikan yang disampaikan oleh penerima pesan pada umumnya merupakan balikan langsung yang mengandung pemahaman atas pesan tersebut dan sekaligus merupakan apakah pesan itu akan dilaksanakan atau tidak , agar supaya komunikasi dapat berjalan lancar dan tidak terjadi kesenjangan di era teknologi dan globalisasi maka friendster sekolah sangat cocok.
Friendster adalah sebuah komunitas online di internet yang memungkinkan setiap anggotanya untuk berhubungan dengan anggota yang lain dalam ikatan pertemanan. Hampir dua juta orang telah tergabung dalam komunitas yang didirikan sejak bulan Maret 2003. Anggota yang tergabung dalam friendster bisa mencari teman-teman baru maupun teman-teman lama melalui jaringan pertemanan satu dengan yang lainnya. Anggota yang tergabung dalam friendster bisa mencari teman-teman baru maupun teman-teman lama melalui jaringan pertemanan satu dengan yang lainnya. Berbagai fasilitas selalu ditambahkan dalam web friendster, misalnya biodata, jumlah teman dan jaringan pertemanan, photo-photo pribadi, dan testimonial (atau kesaksian dari teman-teman). Setiap anggota dapat memasukkan biodata sesuai dengan apa yang diinginkannya, menambah dan mengurangi jumlah teman ataupun memberikan kesaksian (testimonial terhadap teman kita yang lain).
Friendster juga dilengkapi fasilitas untuk mencari teman kita berdasarkan email, nama lengkap, ataupun berdasarkan sekolahnya, kesamaan hobinya dan lain-lain. Ada lagi fasilitas untuk buletin board yaitu semacam mailing list yang hanya bisa dibaca oleh teman-teman kita sendiri adapun fasilita aplikasi yang memungkinkan kita untuk menghiasi Friendster kita dengan aplikasi kita baik itu gambar, animasi ataupun lagu-lagu. Meskipun web-web sejenis memiliki fasilitas yang lebih baik dan kestabilan yang tinggi. Namun populersitas friendster tetap tak tersaingi. Mungkin ini disebabkan karena friendster adalah web komunitas online pertemanan pertama yang muncul di internet sehingga telah dikenal dan memiliki paling banyak jaringan pertemanan dari segala penjuru dunia.http://www.hackernoberic.wordpress.com/
Friendster untuk Pendidikan? Why not? Jika para pendidik serta para orangtua mengerti pemanfaatannya, jalur ini bisa dipakai untuk media belajar yang sangat efektif dan sangat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan dalam suatu sekolah, di SMA Negeri 1 Karangnongko Klaten pada saat ini telah dikembangkan jaringan komputer, Internet, website serta friendster yang dapat dinikmati dan diakses oleh siswa, alumni orang tua atupun masyarakat

Keunggulan Friendster :
1. Merupakan jaringan pertemuan global, penyedia layanan internet gratis yang menyediakan ruang ( space ) di website
2. Merupakan fasilitas yang disediakan untuk membangun komunitas di internet, biar bisa kenalan..bagi pengalaman pengetahuan..hobi dan juga silahturahmi.
3. Disukai oleh remaja/anak muda sehingga cocok untuk anak SMA
4. Setiap member bebas untuk menampilkan profil, sehingga profil dari sekolah, kepala sekolah, guru, karyawan dan stake holder dapat kita tampilkan
5. Bebas untuk mengupload foto, sehingga foto- foto kegiatan sekolah dapat ditampilkan.
6. Agar friendster sekolah dapat mudah dikenal disosialisasikan ke siswa guru karyawan diharapkan kesenjangan komunikasi dapat dijembatani
7. Semakin banyak member maka semakin profil sekolah kita dikenal / merupakan iklan yang gratis

Penghambat Friendster :
1. Akses internet sekolah terbatas ( hanya pada jam kerja sekolah ).
2. Karena letak SMA N 1 Karangnongko berada di daerah pinggiran/ pedesaan, sehingga kalau siswa mau ke warnet jauh/ harus ke kota.
3. Status ekonomi siswa menengah kebawah

BAB III
HASIL YANG DICAPAI

Setelah SMA Negeri 1 Karangnongko Klaten memiliki jaringan komputer, Internet, website maka friendster dapat memberikan kontribusi pada sekolah, sehingga profil dari sekolah, visi, misi, kepala sekolah, guru, karyawan dan stake holder serta kemajuan sekolah dapat kita tampilkan dalam friendster tersebut, sehingga dapat diakses dan dinikmati oleh siswa, alumni orang tua ataupun masyarakat.

Gambar 3.1. Visi dalam Friendster SMA N 1 karangnongko

Gambar 3.2. Misi dalam Friendster SMA N 1 karangnongko

Berkaitan dengan penyediaan informasi yang berasal dari sekolah dapat diperoleh dengan tepat, cepat dan cermat. Maka tak heran kalau terjadi sebuah kecenderungan baru bagi pola pikir pelajar modern yang lebih memilih friendster sebagai media penyedia informasi daripada sekolah.

Gambar 3.3. Sederet piala yang ada dalam Friendster SMA N 1 karangnongko

Gambar 3.4. Penampilan olah raga beladiri wushu yang ada dalam Friendster SMA N 1 karangnongko

Lebih lanjut, perkembangan friendster di SMA Negeri 1 Karangnongko Klaten telah menghasilkan sebuah sistem pembelajaran yang atraktif dan inovatif yang disebut dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Dengan adanya friendster telah membawa banyak perubahan kepada para pelajar. Mereka lebih berani mengemukakan pendapat, saran,maupun kritik dalam membuat kajian dan berpikir lebih kritis dalam testimonial yang ada pada friendster, sehingga pihak sekolah kalau ada saran-saran atau kritikan yang membangun dapat segera di tiindak lanjuti.

Gambar 3.5. Salah satu kritik yang berasal dari siswa yang berguna bagi kemajuan sekolah terdapat dalam Friendster SMA N 1 karangnongko

Gambar 3.6. Salah satu testimonial dari SMA Padmawijaya yang terdapat dalam Friendster SMA N 1 karangnongko

Gambar 3.7. Salah satu testimonial yang berasal dari alumni terdapat dalam Friendster SMA N 1 karangnongko

Gambar 3.8. Salah satu testimonial yang berasal dari Pusaka ( Mahasiswa STAN ) yangbermanfaat bagi siswa kelas XII SMA N 1 karangnongko

BAB IV

KUNCI SUKSES

Sebagai kepala sekolah yang menempati sekolah yang berada di pinggiran/pedesaan yaitu SMA N 1 Karangnongko, di daerah Karangnongko kesadaran masyarakat akan pendidikan belum sepenuhnya disadari. Dengan adanya program MPMBS ( Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah ) yang menempatkan sekolah sebagai obyek perubahan ( inovasi ) karena sekolah dapat lebih mandiri dalam pemberdayaan seluruh komponen yang ada di sekolah, inovasi yang dapat dijalankan dengan keberadaan friendster sekolah yang dapat dimanfatkan seluruh stake holder sekolah serta masyarakat, akan menyadarkan masyarakat akan keberadaan sma n 1 karangnongko di wilayahnya dan pentingnya pendidikan.

Dalam pembuatan friendster di SMA N 1 Karangnongko melibatkan guru komputer yang membimbing para guru dan karyawan, siswa agar masing masing-masing juga memiliki friendster pribadi, agar kesenjangan komunikasi akan lancar

Sekolah kami ini disebut Sorgun karena letaknya dibawah gunung ( ngisor gunung ). Mewah artinya dikelilingi sawah ( mepet sawah ), sebagai kepala sekolah tidak boleh putus asa harus memiliki jiwa kepemimpinan yang tangguh agar mampu memobilisasi sumber daya yang ada di sekolah serta harus mampu mengambil keputusan dan prakarsa untuk mencari alternatif agar supaya friendster yang ada di sekolah tetap jalan terus dan banyak member / banyak friend, dengan banyak member dan testimonial yang berasal baik darii siswa, guru, karyawan, masyarakat maka saran-saran atau kritikan yang membangun dapat segera dapat ditindak lanjuti demi kemajuan pendidikan di SMA N 1 Karangnongko khususnya dan mutu pendidikan di negara Indonesia tercinta.

BAB V
KEBERLANJUTAN

Friensdter sebagai wahana komunitas sekolah agar dapat berkelanjutan perlu diadakan IHT ( In House Traning ) / pelatihan pada guru, karyawan tentang komputer, jaringan komputer dan friendster dan mensosialisasikan ke siswa guru karyawan diharapkan supaya stage holder ( warga sekolah ) agar guru dan karyawan dapat membuat friendster pribadi sehingga dapat memberikan saran, kritik masukan berupa testimonial ke friendster sekolah sehingga kesenjangan komunikasi dapat dijembatani.
Friendster SMA N 1 Karangnongko merupakan media komunikasi yang murah dan gratis, maka perlu mempercepat penambahan jumlah friends dengan cara disosialisasikan ke siswa setiap pembinaan dari kepala sekolah atupun lewat guru komputer, aplikasi dari friendster selalu menarik dan selalu diperbaharuhi baik foto foto kegiatan, film ( video ) yang uptodate ( terbaru ) juga menampilkan program program sekolah agar menarik bagi member yang mengakses Friendster SMA N 1 Karangnongko.
Perlunya sosialisasi keberadaan Friendster SMA N 1 Karangnongko pada komite sekolah maupun orang tua murid, pada waktu rapat dengan orang tua murid, agar orang tua/wali murid mengetahui, dan menjadi member sehingga dapat memberikan saran, kritik dan pendapat lewat testimonial yang ada di dalam friendster.

DAFTAR PUSTAKA

1. Bahan Sosialisasi UU Guru dan Dosen PGRI Provinsi Jawa Tengah ( Undang Undang Republik Indonesianomor14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ), Persatuan Guru Republik Indonesia Prov Jateng, Semarang.
2. Mahmud,DM. 1989. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Depdikbud- Dikti.P2LPTK.
3. Purwodarminto 1986 . Kamus Bahasa Indonesia Jakarta : Balai Pustaka
4. Toto Raharja.. 1996. Membangun Kesadaran kritis Jakarta : Balai Pustaka.
5. “Sistem Pendidikan Nasional ( UU RI No 20 Tahun 2003 ) beserta peraturan pelaksanaanya”. 2003. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
6. Website : http://www.adriyanto.or.id tentang Peran internet bagi dunia pendidikan.
7. http://www.kmpk.ugm.ac.id/data/SPMKK/3d-KOMUNIKASI(revJan’03).doc

14 thoughts on “FRIENDSTER

  1. pak aku mw donk jdi nak di2k bapak tpi aku mw bapak sayang jga seperti nak bapak,,,,
    krna aku ga pnya bapak dri aku lahir kedunia ini aku lom pernah merasakan kasih sayang seorang bapak
    klo bapak mw ketemuan ma saya bapak bisa hub ke no hp saya 085782972716 thanks ya pak tuhan berkati bapak

  2. Ass…..Pak Kepsek,saya siswi SMK di Jogja.Ingin sekali saya mengetahui lebih dlm tentang SMAN 1 Klaten,.yg ber[restasi di byk bidang,.
    Oy murid Bpk da yg namanya Vicky ngga???

  3. Selamat dan sukses pak? Q pengen tau tentang fasilitas dan keunggulan Sma 1 karangnongko. Bisa dimunculkan tidak pak. Matursuwun sanget sbelume.` fr:adi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s