Penilaian Kurikulum 2013( Kurikulum Nasional )

Undang-undang nomor 20 tahun 2003 pasal 3 Tentang Sistem pendidikan Nasional menyebutkan bahwa fungsi Pendidikan nasional adalah “Untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Dengan ditetapkan tujuan pendidikan nasional akan terciptanya keselaran dalam antar daerah diseluruh nusantara. Melalui kurikulum, pemerintah menjabarkan maksud, fungsi dan tujuan pendididkan nasional.
Kurikulum 2013 sebagai kurikulum yang yang baru memiliki arah dan paradigma yang berbeda dibandingkan kurikulum-kurikulum sebelumnya, yakni kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) tahun 2004 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006. Dalam kurikulumum 2004 (KBK) sistem penilaian Selain itu kurikulum erat sekali kaitannya dengan teori pendidikan. Teori tentang kurikulum dijabarkan melalui teori pendidikan. Sukmadinata (dalam Sudrajat, 2008) mengemukakan empat teori pendidikan yang berhubungan dengan kurikulum, yaitu: (1) pendidikan klasik; (2) pendidikan pribadi; (3) teknologi pendidikan dan (4) teori pendidikan interaksional. Setiap kurikulum akan mencerminkan teori pendidikan yang digunakan. Pada teori-teori pendidikan itu, evaluasi tetap menjadi hal penting dibicarakan.
                  Kurikulum 2013 dilaksanakan secara bertahap mulai tahun pelajaran 2013-2014. Pada tahun pelajaran ini untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Kurikulum 2013 dilaksanakan di 1270 sekolah pada kelas X untuk semua mata pelajaran. Pelaksanaan kurikulum seharusnya dilengkapi dengan buku acuan semua mata pelajaran baik buku untuk peserta didik maupun buku guru. Namun pada tahun 2013 pemerintah baru dapat menyediakan buku bagi peserta didik dan buku guru untuk 3 (tiga) mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan Sejarah Indonesia.
Standar Penilaian Pendidikan (SPP) sebagaimana tertuang pada Permendiknas No. 20 Tahun 2007 merupakan penjabaran dari Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Pokok-pokok isi yang termuat pada SPP menjadi acuan bagi guru, sekolah, dan pemerintah dalam melaksanakan penilaian hasil belajar. Mencermati lebih lanjut, dalam kurikulum KTSP, terdapat ada empat standar mengalami perubahan, meliputi standar kompetensi lulusan, proses, isi, dan standar penilaian. Terhadap perubahan itulah maka rumusan standar kelulusan (SKL) pun berubah.
             Peraturan pemerintah yang menjelaskan tentang evaluasi hasil berlajar merupakan dasar dari penilaian hasil belajar. Artinya Evaluasi pembelajaran berdasarkan sasarannya dapat dicermati melalui evaluasi terhadap proses pembelajaran dan evaluasi terhadap hasil belajar. Evaluasi terhadap hasil belajar sering disebut sebagai penilaian hasil belajar. Hal tersebut sesuai dengan Permendiknas No. 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Kaidah tersebut mencakupi beberapa pengertian dasar penilaian, prinsip dasar penilaian, teknik, instrumen, prosedur, dan mekanisme penilaian, serta perbedaan kewenangan penilaian hasil belajar oleh pendidik, sekolah, dan pemerintah.

 Berikut kumpulan lengkap Beberapa hal yang berhubungan dengan Penilaian Kurikulum 2013 yang bisa didownload  :

1. Permendikbud-no-103-tahun-2014 tentang Pembelajaran Dikdas dan Dikmen

   b. Lampiran-permendikbud-no-103-tahun-2014 pembelajaran

2. Permendikbud-no-104-tahun-2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik

    b. Lampiran-permendikbud-no-104-tahun-2014 Pedoman Penilaiaan oleh Pendidik

3. Sistem_Penilaian_dalam_Kurikulum_2013

4. MODEL PENILAIAN SMA-1

5. Buku Rapor 8 September 2013

6. MODEL RAPOR SMA

7. PANDUAN PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN 2013

8. PANDUAN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN 2013

7. PANDUAN PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP 2013

9_Penilaian Menurut Kurikulum 2013 ( Power Point )

10. PAPARAN MODEL PENILAIAN ( Power Point )

11.  Konsep Penilaian Autentik pada Proses ( Power Point )

12. PENILAIAN PROSES & HASILBELAJAR KUR _2013 ( Power Point )

13. , Permendikbud-no 104 tahun 2014 : Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013

14. Lampiran-permendikbud-no-104-tahun-2014

15. JUKNIS-PemberlakukanKurikulum-2006-dan-2013 

Instrumen Penilaian di SMA  :

1. Catatan Rubrik Nilai Rapor

2. Contoh format penilaian sikap

3, Contoh Rancangan Ulangan Harian

Instrumen yang digunakan oleh Pengawas Dikmen dalam Supervisi penilaian di Sekolah :

1.LK Pendampingan Penilaian

2_INSTRUMEN PENDAMPINGAN PENILAIAN 

3. Surat Direktur Penilaian 2015

4. Panduan Penilaian Untuk SMA Final

5. Panduan-penilaian-SMK 

6.Panduan-penilaian-untuk-SMP

7. Panduan-penilaian-untuk SD 

 

2 thoughts on “Penilaian Kurikulum 2013( Kurikulum Nasional )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s