Kemitraan Sekolah dengan Pihak EKsternal

Sejalan dengan perkembangan zaman, pendidikan memegang peranan penting dalam upaya peningkatan kualitas manusia. Oleh karena itu mutu pendidikan harus terus diupayakan untuk dikembangkan ke arah yang lebih baik agar generasi terdidik yang dilahirkan memiliki intelektualitas dan profesionalisme yang tinggi.

UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengemukakan pendidikan kejuruan merupakan pendidikan yang mempersiapkan peserta didik agar dapat bekerja dalam bidang tertentu. Sedangkan dalam kurikulum SMK tahun 2004 disebutkan pendidikan menengah kejuruan adalah pendidikan yang menyiapkan peserta didik menjadi manusia yang produktif yang langsung dapat bekerja di bidangnya setelah melalui pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi. Pendidikan menengah kejuruan harus dijalankan atas dasar prinsip investasi sumberdaya manusia (human capital investment). Pendidikan merupakan suatu proses yang diikuti oleh seseorang dalam rangka mengembangkan kemampuan, sikap dan tingkah laku untuk menjadi orang yang berkwalitas. Menurut Sukmadinata dalam Sarjono (2013:23) pendidikan berfungsi membantu peserta didik dalam pengembangan dirinya, yaitu  pengembangan semua potensi, kecakapan, serta karakteristik pribadinya ke arah yang positif baik bagi dirinya maupun lingkungan. Jalur pendidikan sekolah yang di jadikan alternatif untuk mengatasi pengangguran adalah pendidikan kejuruan. Menurut Walter dalam Kuswana (2013:157) pendidikan vokasi merupakan program pendidikan yang mempersiapkan orang-orang untuk memasuki dunia kerja, baik yang bersifat formal maupun non formal. Kendala yang terjadi sekolah kejuruan adalah kesenjangan kompetensi lulusan sekolah dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Sehingga SMK selayaknya melakukan pengembangan kemampuan untuk bekerja sama dan berkomunikasi dengan institusi pasangan dalam hal ini dunia usaha dan dunia industri. Hal yang dilakukan sekolah, adalah membangun kerjasama (partnership) dan kemitraan.

Bentuk kerjasama antara dunia pendidikan dan dunia industri dalam mengembangkan konsep pendidikan bisa diawali dengan cara menyelaraskan dan menggembangkan komunikasi yang berkelanjutan dan bentuk kerjasama yang dilakukan SMK adalah melaksanakan program praktik kerja industri bagi peserta didik di dunia usaha dan dunia industri. Menurut Rodliyah (2013:26) Sekolah Menengah Kejuruan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dengan berbagai program keahlian yang disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja. Dengan demikian Lulusan SMK diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yaitu dengan kompetensi lulusan yang dimiliki serta kesiapan memasuki dunia kerja. Dalam hal ini dibutuhkan pengelolaan sekolah yang baik.

Berikut kumpulan lengkap beberapa hal yang berhubungan dengan Kemitraan Sekolah dengan Pihak EKsternal yang bisa didownload: :

1. Kemitraan Sekolah dengan Pihak Eksternal

2. Kemitraan Sekolah dengan Pihak Eksternal

3. . INPUT Kemitraan. B6 Power Point.

4. PENGUATAN Kemitraan. B.6. Power Point

5. Aktivitas Pembelajaran Kemitraan Power Point 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s