Pembelajaran merupakan proses ilmiah. Karena itu Kurikulum 2013 mengamanatkan esensi pendekatan ilmiah dalam pembelajaran. Pendekatan ilmiah diyakini sebagai titian emas perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik. Dalam pendekatan atau proses kerja yang memenuhi kriteria ilmiah, para ilmuwan lebih mengedepankan pelararan induktif (inductive reasoning) ketimbang penalaran deduktif (deductive reasoning). Penalaran deduktif melihat fenomena umum untuk kemudian menarik simpulan yang spesifik. Sebaliknya, penalaran induktif memandang fenomena atau situasi spesifik untuk kemudian menarik simpulan secara keseluruhan. Sejatinya, penalaran induktif menempatkan bukti-bukti spesifik ke dalam relasi idea yang lebih luas. Metode ilmiah umumnya menempatkan fenomena unik dengan kajian spesifik dan detail untuk kemudian merumuskan
Berikut kumpulan lengkap Beberapa hal yang berhubungan dengan Pendekatan dan Strategi Pembelajaran Kurikulum 2013 yang bisa didownload :
1. Uraian Materi pendekatan & startegi pembelajaran
2. Pendekatan-saintifik-ilmiah-dalam-pembelajaran
3. STRATEGI DAN PENDEKATAN PBM dalam KURIKULUM 2013
4. Pendekatan Scientific ( Power Point )
5. Pendekatan Discover( Power Point )
MEMBANTU BANGET TULISAN INI
Pak Masru, sama2 pak sukses untuk Pak Masru